17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2011

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hari ini tanggal 17 Agustus. 66 tahun yang lalu, para deklarator bangsa memanfaatkan kekosongan kekuasaan di wilayah negara kita untuk menyatakan kemerdekaan bangsa kita. Saat itu, yang ada di benak mereka adalah bagaimana secepatnya membebaskan bangsa dari penjajahan yang dilakukan oleh bangsa asing. Mereka tidak hanya melakukannya untuk membebaskan keluarga, teman, atau suku mereka, tetapi untuk seluruh wilayah bangsa Indonesia. Dan pernyataan kemerdekaan tersebut adalah akumulasi dari perjuangan para pendahulu-pendahulu kita yang berjuang sejak jaman kerajaan diinvasi oleh VOC sampai jaman penjajahan Jepang.

Pada jaman perjuangan tersebut juga ada anak-anak bangsa yang menjual harga dirinya dan harga diri bangsanya untuk mendapat sedikit kenikmatan yang diberikan oleh penjajah. Mereka melakukannya untuk berbagai macam alasan, mulai dari untuk meningkatkan hajat hidup keluarga mereka sampai dengan kenyataan bahwa memang sifat mereka untuk berlaku culas dan memanfaatkan kesempatan.

Hari ini tanggal 17 Agustus. Sudah lewat 66 tahun sejak bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Dalam rentang waktu tersebut, sudah cukup banyak pembangunan dan kemajuan yang dicapai oleh bangsa Indonesia. Sudah tak terhitung banyaknya anak bangsa yang mengharumkan bangsa Indonesia di berbagai bidang. Dan sampai sekarang masih banyak pejuang-pejuang bangsa yang berusaha mengharumkan bagsa kita tercinta ini.

Namun sama seperti jaman dahulu, jaman sekarang pun masih ada sekelompok anak bangsa yang rela menggadaikan harga diri mereka demi mendapatkan kenikmatan yang tidak sepantasnya mereka dapatkan melalui jalan-jalan yang sesat. Mereka meraih kekayaan atau kekuasaan diatas penderitaan rakyat sebangsanya. Sebagian dari mereka menghamba pada kepentingan asing demi menambah kekayaan maupun kekuasaan mereka.

Namun, sama seperti dahulu, meskipun ada anak bangsa yang menghalangi perjuangan bangsa, tetap saja bangsa kita berhasil memperoleh kemerdekaannya. Dan sekarang, meskipun masih ada anak bangsa yang menghalangi kemajuan bangsa demi diri sendiri maupun golongannya, saya tetap yakin bangsa Indonesia akan mengalahkan mereka dan bangkit berlari mengejar ketertinggalannya dan menjadi bangsa yang kuat nantinya.

Meskipun saat ini awan pesimisme menggelayut di cakrawala khatulistiwa, masih lebih banyak lagi anak bangsa yang bertindak positif demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Ada Bapak @aniesbaswedan yang selalu mengingatkan bahwa kita semua masih terhutang janji kemerdekaan demi generasi kita dan seterusnya. Ada @GNFI, akun twitter yang selalu mempromosikan hal-hal positif yang dicapai anak-anak bangsa, untuk mengcounter berita-berita negatif yang dibuat oleh anak-anak bangsa yang tersesat. Ada gerakan @IDcerita dan @pengajarmuda, yang berusaha membangkitkan kembali pendidikan di Indonesia melalui media baca tulis. Dan masih banyak lagi gerakan lain, yang bergerak untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa, yang sayangnya tidak mendapat porsi liputan yang memadai untuk bisa membangkitkan optimisme bangsa agar bisa berlari menuju masa depan.

Oleh karena itu, tugas bagi kita yang memiliki kemauan untuk kemajuan bangsa, untuk turut serta membangkitkan optimisme bangsa dengan melakukan hal yang menjadi potensi kita. Jika kita pandai menulis, tulislah hal-hal yang mencerahkan dan membangkitkan semangat bangsa. Jika pandai menciptakan lagu, ciptakanlah lagu yang membangkitkan rasa cinta kita kepada bangsa, jangan membuai bangsa dengan lagu2 cinta yang cengeng dan melemahkan bangsa. Jika kita pandai berkomunikasi, sampaikanlah hal2 positif dan potensi bangsa kepada masyarakat disekitar kita. Dan masih banyak jalan2 lain yang bisa kita tempuh untuk dapat membantu kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Jangan didengarkan suara2 negatif mauapun pesimis yang disampaikan orang atas usaha kita. Pejuang2 kita dahulu bahkan menghadapi peluru dan mempertaruhkan nyawa untuk mencapai tujuannya. Kalau hanya sekedar suara negatif dan pesimis, apalah artinya.

Akhir kata, Dirgahayu Republik Indonesia yang Ke-66. Semoga bisa secepatnya bangkit dan berlari untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Meski banyak yang pesimis akan kemajuanmu, saya insyaAllah termasuk orang-orang yang yakin akan kemajuan bangsa kita.

Terima kasih atas perhatian teman-teman yang membaca posting saya ini sampai selesai. Hal ini menandakan bahwa kita memiliki semangat yang sama untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Cemunguddhhh 🙂

 

Posted with WordPress for BlackBerry.

About ziedhane

To Be Announced

Posted on August 17, 2011, in Umum and tagged . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Assalamualaikum,

    iya mas benar kita harus bisa jadi generasi yang memberikan dedikasi pada negeri ini. 🙂
    Salam hangat dari Tekno Muslim 🙂

Leave a comment